March 22, 2015

Bakso Kuah Praktis

Bbbrrrrr... hujan-hujan gini enaknya nge-bakso. Pas banget ada stok daging rawon di freezer & bakso merk SB (d.h. Kebon Jeruk) di chiller. Rencana juga mau di bawa aja jadi bekal anak-anak ke sekolah. Alhamdulillah ada wadah bento box oleh-oleh dari Jepun yang bentuknya mangkok dan bertingkat. Siip lah.


Bahan yang disiapkan a.l.:

  • Kuah: rebus kaldu sapi (bisa menggunakan daging rawon, atau tulang kaki sapi). Ini banyak di tukang daging pasar tradisional. Bisa beli potongan tulang dikit aja, dulu sih 5 ribu-an harganya.
  • Bakso yang sudah jadi tergantung selera, merk apa aja. Tapi saya sukanya Kebon Jeruk ini yang sekarang merk SB.
  • Pelengkap: tahu putih, sawi, bihun, mie, seledri, bawang goreng





Bumbu:

  • Bawang putih 2 siung, digeprek
  • Irisan bawang bombay (opsional)
  • Merica
  • Garam




Cara:

  1. Rebus daging yang dipotong kecil-kecil/tulang sapi hingga terasa empuk. Atur api di posisi paling kecil sambil ditutup pancinya. Kira-kira 15 - 30 menit. Bisa ditinggal sambil menyiapkan bahan lain.
  2. Siapkan rebusan sawi, mie, bihun/soun di panci terpisah. Setelah matang, angkat tiriskan.
  3. Setelah daging empuk, masukkan bawang putih yang sudah digeprek juga bawang bombay (tidak usah ditumis) dan bakso yang sudah dipotong 2 garis (vertikal & horizontal). Tunggu sebentar hingga bakso mekar
  4. Tidak lama kemudian masukkan tahu putih yang dipotong kecil.
  5. Masukkan bumbu tambahan: merica dan garam. Klo agak kurang sip bisa tambahan bubuk penyedap, tapi dikiiiit aja. Biasanya sih gak usah juga udah enak banget, karena kaldu sudah didapat dari daging.
  6. Siapkan mangkok, taruh bahan pelengkapnya (sawi, bihun, mie). Tambahkan bakso dan tahu dari panci. Lalu taburkan seledri dan bawang goreng. Hmmmm... makyooos deh. Rasa dan aroma gak kalah lah dengan gerobak bakso abang-abang. Hohoho
Untuk persiapan meal box bekal ke sekolah, tunggu kuah hangat jangan terlalu mendidih jika ingin dimasukkan ke wadah plastik. Tata bahan pelengkap di rak atasnya. Di bagian mangkuk tempatkan bakso, tahu, dan taburan seledri, bawang goreng.

Walau tempatnya lumayan kedap, tapi saya menaruh meal box di tas terpisah dari tas buku sekolah. Untuk menghindari tumpahan dari kuahnya. Pas jam istirahat masih hangat kata anak-anak, jadi cocok juga lah buat bekal sekolah. Praktis juga yang terpenting. Jadi kuahnya udah disiapkan dari semalam. Pagi-pagi tinggal bikin bahan pelengkap aja, sama cemplung-cemplung bakso dan tahunya.

Mudah kan? Selamat mencoba ^__^

No comments:

Post a Comment