March 01, 2015

Coklat Cornflakes Ceria

Masih dalam rangka Market Day di sekolahan bocils, berhubung di kelas Adik saya kebagian membuat salah satu olahan makanan. Setelah rapat singkat lanjutan di rumah dengan kedua bunda temannya adik akhirnya disepakati saya kebagian bikin cornflakes coklat. Karena kelas adik bahan dasar utamanya bertemakan jagung. Baiklah saya mencoba buatnya dulu sebelum diperbanyak, kuatir gagal karena perdana nih. Sebenarnya sih mirip dengan cornflakes yang disajikan di stoples klo lebaran, cuma dibuat unik biar bisa dipegang anak-anak jadinya pake stik dan kemasan plastik. Harga jual @4500 dengan modal sekitar 50.000 jadi 45 tusuk yang di display. Sebelumnya jadi 8 tusuk lah pas uji coba di dapur, yang makan ya bocils, hehe.

Yuuuks kita buat cornflakesnya...

Bahan:

- Coklat warna (biru-rasa mint, pink-rasa stroberi, kuning-rasa jeruk, putih) @1/4 kg
- Cornflakes 1/4 kg

Cara:
  1. Siapkan cornflakes dan coklat warna. Pisahkan coklat tiap warna ke wadah stainless.
  2. Masak coklat dengan cara ditim di atas air yang mendidih.
  3. Masukkan cornflakes ke wadah coklat, campur aduk rata. Agar mudah dibentuk, cornflakes dihancurkan dulu.
  4. Diamkan sebentar (bisa dimasukkan ke kulkas) tunggu tekstur menjadi agak keras sehingga mudah direkatkan di stik, saya manual saja dengan tangan & sendok. Jika ingin menggunakan cetakan, masukkan coklat ke cetakan bersama dengan stiknya.
  5. Diamkan di kulkas hingga coklat kembali beku, klo mau cepat bisa masukkan ke dalam freezer. Jika menggunakan cetakan, keluarkan coklat perlahan agar tidak hancur.
  6. Panaskan coklat putih, kemudian masukkan ke plastik gunting ujung plastik agar coklat putih bisa dibentuk menghiasi sekeliling coklat warnanya.
  7. Gulingkan coklat stik ke atas gula butiran berwarna.
  8. Coklat siap dikemas dengan plastik yang agak kaku, dan ikat dengan tali kawat berwarna.


Mudah bukan, bahannya hanya dua item. Coklat warna sisanya pun masih cukup banyak. Lumayan buat stok topping donat atau dibuat cornflakes lagi dengan kemasan cup sesuai permintaan anak-anak, seperti gambar berikut.


Selamat mencoba! ^_^


No comments:

Post a Comment