January 31, 2015

Mancing di Saung Mang Adjo

Kegiatan ini sebenarnya tahun 2012 lalu, tapi baru sempat terdokumentasikan. Awalnya kita belum yakin mau pergi, karena menunggu konfirmasi keluarga teman-teman ayah. Tapi jadinya berangkat juga. Tujuannya ke Saung Mang Adjo, Karawang. Kegiatan utama memancing di kolam, makan siang, dan sedikit aktivitas permainan outbond anak-anak.

Seperti biasa, ayah selalu siap dengan perlengkapan memancingnya dan bunda menyiapkan bekal pakaian dan snack untuk anak-anak. Kami berangkat ahad pagi dari rumah nenek, lanjut melalui tol menuju Karawang Barat. Perjalanan lancar tanpa hambatan kemacetan, kami tiba sebelum pukul 12. Parkiran penuh sekali, tampaknya warga daerah sana pun turut menjadikan tempat ini sebagai tujuan rekreasi keluarga. Terlebih lagi di jam makan siang.

Anak-anak langsung tertarik pada arena outbond di sisi paling kanan saung. Kakak (3y) mencoba flying fox jalur yang tidak pendek tapi cukup tinggi untuk anak seusianya (tidak ada pengaman pula), titian tali keseimbangan, dan tali tambang webbing. Adik (2y) mencoba masuk ke gua kepala ikan, papan keseimbangan, ayunan, perosotan, mereka juga naik dayung getek bertiga dengan bunda. Ayah masih fokus mempersiapkan umpan dan joran untuk memancing.

Sebenarnya sih kurang seru ya memancing di kolam, karena pasti dapat ikan, hehe. Tapi tak apalah mengisi liburan yang tak jauh dari kota, pengalaman, sekalian makan siang di saung, dan ternyata tempatnya pun cukup kondusif untuk arena permainan anak. Menu makanan cukup variatif dengan harga terjangkau.

Selesai bermain, kakak dan adik langsung makan di saung tepi kolam sambil menunggu ayah mancing dan bergantian memegang kail dan ikannya. Bunda ngeri juga takut mereka nyemplung kolam, hehe tapi syukurnya mereka hati-hati. Alhamdulillah ayah mendapatkan ikan kurang lebih 3 kg. Setelah semua puas, kegiatan sudah selesai, dan hari semakin sore kami bersiap untuk pulang. Orang-orang juga beranjak pulang, petugas kebersihan langsung merapihkan semua arena, dan tempat mulai sepi.


Ikan mas hasil pancingan semua ditimbang dan dibayar, dahulu harganya tidak terlalu berbeda dengan beli ikan di pasar. Kami beranjak pulang, ikan sebagian kita berikan ke nenek untuk diolah. Cukup menyenangkan bagi anak-anak, dan orang tua yang butuh penyegaran luar kota yang tidak terlalu membutuhkan banyak persiapan dan alokasi waktu untuk menginap. Happy fishing!(*)


*) repost my article from: mommee.org

No comments:

Post a Comment