December 03, 2012

Cumi Saus Asam Manis

Hoi... hoi... hoi... sekarang waktunya "boga bahari" (bahasa bakunya seafood kata mahasiswa Sastra Indonesia :p). Karena pas di pasar nemu cumi seger & besar saya beli semuanya tuh di lapak pedagang Madura itu. Dapat 1 kilo 3 ons seharga Rp.30 ribu :D sebenarnya mau dibuat berbagai olahan cumi. Tapi saya coba yang mudah dulu yang matengnya cepat.

Bahan: 
-  3 buah cumi ukuran besar

Bumbu Saus:
- saus tomat 
- paprika merah/hijau 
(kalau gak ada diganti irisan cabai hijau aja)
- irisan daun bawang
- garam
- lada
- 1 siung bawang putih (geprek dan cincang halus)
- gula pasir

  Cara:
- cuci bersih cumi, buang kantung tintanya & tulang plastiknya, lalu kupas kulitnya dan lumuri dengan perasan jeruk nipis/lemon. Setelah itu cuci kembali. Lalu potong beberapa bagian, ambil badannya saja, kepalanya untuk resep lainnya--> cumi kepala saos mayo. Iris dagingnya secara diagonal berlawanan arah. Sisihkan.
- panaskan minyak, masukan semua bahan saus tambahkan sedikit air hangat, kemudian jika sudah meletup-letup masukan cumi. Tunggu sesaat sampai cumi terlihat berubah warna. Angkat dan hidangkan.

Tips:
- karakter daging cumi yang kenyal jangan dimasak terlalu lama, karena rasanya jadi beda. Jadi harus pas banget supaya gak terlalu susut juga dagingnya.
- masukan daun bawang & cabai bisa di tahapan terakhir agar tidak terlalu layu.

Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment