November 03, 2012

Ayam Gulung Nori

Kali ini saya mencoba menggunakan nori yang dikasih sama Abinya ponakans yang baru datang dari Jepang. Lumayan ada sebungkus banyak. Kata Umminya bisa dipotong-potong makan cemilan aja buat Kakak dan Adik. Tapi mungkin karena beda lidah, beda selera yang lahir di Indonesia jadinya meraka gak begitu suka.

So, aku jadiin nih nori pelengkap ayam gulung aja yang berasal dari dada ayam fillet. Mirip pembuatannya kayak chicken cordon bleu, tapi kali ini tengahnya pake nori dan filletnya gak terlalu tebal. Berikut ini resepnya, so easy so healthy ^^. Gak pake ukuran atau takaran ya. Jadi semua perbandingan tergantung aja pemakaian pake feeling, hahai.


Bahan:
- 2 buah dada ayam di fillet, iris tipis-tipis
- 2 lembar nori ukuran besar, iris sesuai potongan ayam
- tepung roti
- telur kocok
- minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- garam
- lada
- 2 siung bawang putih

Cara:
- fillet dada ayam disiram jeruk nipis (supaya gak berlendir atau amis). Setelah itu cuci, lalu bumbui garam, lada, dan bawang putih yang dicincang. Sambil dipukul-pukul (memarkan) agar bumbu meresap.
- siapkan lembaran nori yang sudah digunting, lalu selipkan di bagian atas fillet ayam. Gulung, dan begitu seterusnya sampai fillet habis.
- setelah digulung, siapkan telur kocok dan tepung roti yang terpisah. Celupkan satu persatu ke telur lalu tepung roti hingga selesai. Sambil panaskan minyak.
- goreng satu-persatu sampai warna kecoklatan.
- angkat tiriskan, dan siap disajikan dengan saus atau mayoneis.

Tips:
- sebaiknya fillet jangan terlalu tebal supaya tepung rotinya gak gosong sebelum ayam matang.

- goreng sambil ditutup dengan api kecil, memang agak lama tapi ayam pasti matang dan kulit luar tidak terlalu gelap.

Selamat mencoba :)




*) foto by ayah Hamid

No comments:

Post a Comment