January 28, 2014

Roti Gulung Sosis

Hari ini kakak membawa bento berbahan dasar roti. Untuk variasi supaya tidak bosan dengan menu roti bakar yang dioles mentega dan meses/keju.
Pas ada stock sosis, smoked beef di rumah tapi sayangnya tak ada sayuran. Ya sudahlah yang ada saja ya. Bunda belum ke pasar lagi, hujan begini pasar becek pedagang juga tak banyak :p


Baiklah ini caranya:

Bahan:
- 2 lembar roti persegi ukuran besar, potong bagian tepinya. (pinggiran cokelat ini bisa disimpan kulkas, klo udah kering blender jadi tepung roti deh, jadi tidak terbuang. Klo lg rajin ya bikin aja pudding roti tapi nunggu pinggirannya terkumpul banyak dulu, hehe)
- 2 sosis
- 2 slice keju lembaran (jika ada)
- selada keriting
- 2 lembar smoked beef



Lapisan:

- 1 butir telur atau putihnya saja kocok
- tepung roti


Cara:
1. Goreng sosis, smoked beef terlebih dahulu. Angkat tiriskan, kecilkan api.
2. Tipiskan lembaran roti. Kalau tidak ada gulungan kayu, pakai botol kaca bekas aja. Saya pake botol kecil bekas renalyte hehe, klo mamah dulu biasanya pake botol bekas syrup marj*n untuk tipisin adonan pastel. hehe
3. Masukkan smoked beef, lembaran keju, dan sosis. Lem pinggir roti dengan telur rapatkan. Kemudian gulungan dicelupkan ke telur lalu gulingkan ke tepung roti.
4. Goreng sebentar dengan api kecil. Angkat setelah agak kekuningan. Tepung roti ini mudah gosong, jadi jangan sampe berwarna coklat, api kecil saja.
5. Taruh di nampan plastik, potong menjadi 4 bagian. Sajikan di kotak bekal. Bisa ditambahkan saus tomat dan mayonese sebagai celupan pelengkap jika ananda suka. Simpan di wadah kecil, agar tidak tercampur.


Mudah kan, selamat mencoba ^__^

No comments:

Post a Comment