May 07, 2014

Self Healing: Mengenal Tubuh Sendiri


Hari ini Kamis, 24 Oktober 2013 saya menghadiri acara seminar yang diadakan oleh Komunitas Peduli Kesehatan di bawah naungan Ormas Salimah. Acara bertempat di ruang serbaguna Komplek DPR RI Kalibata Jakarta Selatan. Selain seminar, ruangan juga diisi oleh beberapa stand bazaar yang menjual produk kesehatan, makanan, pakaian, dan tes kesehatan lengkap menggunakan peralatan komputer dengan lebih miring dibanding tes di RS.

Dalam seminar kali ini, Komunitas tersebut mengangkat salah satu temanya mengenai Self Healing dengan cara ‘Mengenal Badan Sendiri’ yang dibawakan oleh dr. Aisah Dahlan. Beliau aktif di BNN serta fokus dalam penanganan kesehatan dan terapi para korban narkoba.

Dari penjabaran slide dan handout yang diberikan, bagi dokter Aisah pencegahan merupakan dokter terbaik dan termurah. Pencegahan hanya bisa dilakukan oleh kita si pemilik tubuh, bukan oleh dokter dan obat. Berikut ringkasan dan review seminarnya yang dibawakan sangat baik dan interaktif.

Cara yang dapat ditempuh untuk penyembuhan diri yaitu berkomunikasi dengan tubuh sendiri, karena pada hakikatnya sel-sel yang ada dalam tubuh kita pun saling berkomunikasi:
  • Jumlah sel dalam tubuh bayi yang masih dalam rahim seorang ibu menjelang kelahirannya, sudah memiliki jumlah sel sebanyak 2 triliun sel.
  •  Pada orang dewasa, jumlah selnya bisa mencapai seratus triliun sel.
  • Begitu teraturnya sistem kerja sel dalam tubuh sehingga masing-masing sel dapat mengenal antara satu sel dengan sel lainnya.
Gejala penyakit adalah sinyal positif tubuh, karena tubuh selalu memberi kita sinyal agar seluruh aktifitas sesuai dengan keinginan tubuh. Contoh beberapa sinyal tubuh: 
Dari beberapa tanda sinyal tubuh di atas, kita bisa melakukan pencegahan dan pengobatan dengan mengenal diri sendiri. Namun, bila sakit berlanjut tetap harus segera hubungi dokter/tenaga kesehatan.
Menurut Husen A Bajry, kesehatan optimal dicapai melalui nutrisi yang seimbang, cukup gerak dan keharmonisan pikiran. Adapun caranya, sebagai berikut:



Sumber Pustaka

Bajry, Husen A. 2011. Tubuh Anda adalah Dokter yang Terbaik. Bandung: MQS Publishing.
Ibrahim, Ahmad Syauqi. 2012. Misteri Potensi Gaib Manusia. Jakarta: Qisthi Press.
MacGreger, Sandy. 2000. Piece of Mind. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.



No comments:

Post a Comment